Prolog

Anda adalah salah satu dari Lord-Sorcerer (Penyihir Agung) yang tersisa dari kepulauan Erret. Erret sendiri adalah wilayah luas yang terdiri dari ratusan pulau. Jembatan-jembatan raksasa saling menghubungkan pulau-pulau ini. Dulunya perdagangan antar pulau dan kemakmuran mampu mencapai seluruh penjuru Erret berkat adanya jembatan-jembatan ini. Para penduduk hidup dalam damai dan kemakmuran. Sayangnya hal tersebut tidak berlangsung lama, kelebihan populasi, eksploitasi sumber daya alam yang berlebihan dan ketamakan dari para Lord-Sorcerer telah menimbulkan bencana ekosistem di kepulauan Erret. Tanah terbelah dan lautan pun menelan pulau-pulau terkecil satu persatu. Mau tidak mau para Lord-Sorcerer harus bertarung untuk memperebutkan pulau-pulau besar yang masih tersisa. Untuk bisa bertahan ditengah bencana ini Anda harus menyeberangi jembatan dan merebut wilayah Lord-Sorcerer lainnya.

Persiapan

Tiap pemain mengambil kartu “Bastion/Fort”. Letakkan kedua kartu “Bridge” di area permainan.

Sebelum mulai bermain, Anda harus memilih mode dan format permainan yang diinginkan

Pertama-tama pilih mode yang dinginkan, solo atau duel. Solo jika Anda ingin bermain seorang diri dan duel jika Anda ingin bermain dengan pemain lainnya. Mode lain seperti kooperatif, 2 vs 2, Free-for-all, Legacy, dapat dimainkan di kemudian hari.

Setelah memilih mode, Anda harus memilih format permainan. Ada 3 format permainan, Preconstructed, Draft dan Constructed. format Constructed tidak bisa digunakan dengan mode solo

PRECONSTRUCTED:
Ini adalah mode yang disarankan untuk pemula. Di mode ini tiap pemain harus memilih salah satu dari 4 dek yang sudah disiapkan. Jika Anda bermain solo, 3 dek yang tidak dipiih akan menjadi dek dari AI. Anda hanya perlu 1 kopi dari Clash of Decks untuk bisa memainkan format ini. Anda bisa melihat daftar dari ke empat dek yang bisa Anda pilih di bawah ini.

  • DECK 1 : ANNIHILATION, BARON, BOOM!, BRUTE, CARAPACE, PARTISAN, REVENANT, TROLL
  • DECK 2 : ABOMINATION, ALPHA, COMBUSTION, LIEUTENANT, MICROCTOPUS, OGRE, SCRIBE, SHAMAN
  • DECK 3 : BRIGAND, DISCIPLE, GNOME, GRRR, MARTYR, METEORITE, PARASITE, VORTEX
  • DECK 4 : ABERRATION, ASSASSIN, CARNIVORE, CYCLONE, MACHINE, MUTANT, REPTILE, ZOMBIE

DRAFT:
Setelah Anda menguasai ke-4 dek dari mode Preconstructed, Anda bisa mencoba mode Draft. Di mode ini pemain akan memilih tiap kartu yang akan mereka gunakan secara bergantian. Kocok semua kartu yang ada dan taruh menghadap ke bawah di satu tumpukan. Ambil 4 kartu, pemain A memilih 1 kartu dan kemudian memberikan 3 kartu sisanya ke pemain B. Pemain B memilih 1 kartu dan memberikan 2 sisa kartu ke pemain A. Pemain A memilih 1 kartu dan memberikan sisa kartu ke pemain B. Ambil 4 kartu teratas lagi tapi kali ini pemain B yang berhak untuk memilih kartu pertama kali. Ulangi terus sampai pemain A dan B mendapatkan 8 kartu. Kedelapan kartu ini adalah dek yang akan Anda gunakan di permainan.

CONSTRUCTED:
Format ini dikhususkan untuk mereka yang sudah memahami dan menguasai semua kartu yang ada di Clash of Decks. Untuk format ini tiap pemain harus memiliki kartu clash of decks mereka sendiri. Sebelum permainan dimulai tiap pemain memilih 10 kartu yang akan mereka gunakan. Untuk memulai, pemain A menunjukkan ke 10 kartunya, pemain B kemudian memilih salah satu dari kartu tersebut untuk dibuang. Berikutnya giliran pemain B untuk menunjukkan ke 10 kartunya, sama seperti sebelumnya, pemain A harus memilih salah satu kartu untuk dibuang. Ulangi ini sampai kedua pemain membuang 2 kartu dari dek lawan. Delapan kartu yang tersisa adalah dek yang akan Anda gunakan dalam permainan ini.

Tiap pemain mengocok kartu mereka dan kemudian mengambil semua kartu ke tangan. Anda tidak boleh mengubah susunan kartu. Kartu pertama yang anda ambil adalah kartu paling kiri dan kartu yang terakhir Anda ambil adalah kartu paling kanan di tangan Anda. Letakkan kartu “Bastion” di posisi paling kiri di tangan Anda. Lempar koin untuk menentukan siapa yang menjadi pemain pertama. Pemain pertama hanya mendapat 6 Mana untuk giliran pertamanya.

Cara Bermain

Dimulai dari permain pertama, secara bergiliran tiap pemain akan mendapatkan 3 fase.

Fase 1 – Regenerasi Mana

Pemain mendapatkan Mana sesuai dengan jumlah kartu di tangan (termasuk kartu “Bastion/Fort”. Ingat, pemain pertama hanya mendapatkan 6 mana pada giliran pertama. Mana digunakan pada fase kedua untuk men-summon kartu.

Fase 2 – Summoning

Pemain dapat menggunakan Mana yang diperoleh di fase pertama untuk men-summon kartu dari tangan. Pemain hanya bisa men-summon 4 kartu paling kiri yang ada di tangan (tidak termasuk kartu “Bastion/Fort”).

Banyaknya Mana yang dibutuhkan untuk men-summon kartu bisa dilihat di pojok atas dari kartu tersebut. Mana yang tidak digunakan akan hilang dan tidak bisa disimpan untuk giliran berikutnya. Pemain tidak bisa menggunakan lebih banyak Mana dari yang mereka peroleh di fase 1.


Area permainan terdiri dari dua baris, baris atas dan bawah. Ketika men-summon kartu, pemain harus meletakkan kartu di salah satu baris tersebut.

Pemain hanya bisa meletakkan kartu di area permainan mereka. Pemain A meletakkan kartu di sebelah kiri dari jembatan dan pemain B meletakkan kartu di sebelah kanan dari jembatan. Tiap baris bisa menampung kartu sebanyak mungkin. Pemain meletakkan sisi atas dari unit yang mereka summon di belakang jembatan. Jika sudah ada unit lain dibelakang jembatan maka pemain meletakkan sisi atas dari unit yang mereka summon di belakang unit yang posisinya paling jauh dari jembatan. unit-unit ini akan terus berada di area permainan selama mereka tidak dihancurkan.

Fase 3 – Serangan

Tiap unit memiliki durabilitas dan kekuatan serangan.

Unit yang baru saja di summon pada giliran ini tidak bisa menyerang. unit lainnya menyerang unit lawan (jika ada) yang posisinya terdekat dengan unit tersebut secara otomatis. Dimulai dari baris atas, unit yang terjauh dari jembatan melakukan serangan, dilanjutkan sampai unit terdekat dari jembatan. Setelah itu unit dibaris bawah yang terjauh dari jembatan akan menyerang, ini terus berlangsung sampai unit terdekat dari jembatan menyerang. Unit baris atas hanya bisa menyerang unit lain yang juga berada di baris atas, dan begitu juga sebaliknya.

Unit lawan akan hancur jika menerima serangan yang besarnya paling tidak sama dengan nilai durabilitasnya. Jika ada, serangan yang tersisa tidak melukai unit lain. Unit yang hancur akan kembali ke tangan pemain yang men-summon-nya. Unit ini harus diletakkan di posisi paling kanan di tangan pemain tersebut.

Unit yang tersisa di permainan akan maju mendekati jembatan, mengisi tempat yang baru saja kosong. Pada akhir giliran, semua unit yang tidak hancur memulihkan 100% durabilitasnya secara otomatis.

Jika tidak ada unit lawan yang bisa diserang, maka serangan akan langsung mengenai “Bastion/Fort” dari lawan.

Ketika “Bastion/Fort” menerima serangan, geser kartu “Bastion/Fort” dari pemain tersebut ke sebelah kanan sesuai dengan jumlah serangan yang diterima.

Ketika “Bastion” berada di posisi paling kanan di tangan pemain, kartu tersebut hancur: balik kartu ke sisi “Fort” dan letakkan di posisi paling kiri di tangan pemain tersebut. Jika ada, serangan yang tersisa tidak mengenai “Fort”. Jika “Fort” mencapai posisi paling kanan di tangan, maka pemain tersebut kalah.

Akhir dari Permainan

Permainan berakhir ketika ada kartu “Fort” yang mencapai posisi paling kanan di tangan. Pemain tersebut kalah, dan lawannya menang.

Aturan Tambahan

Unit yang di-summon akan tetap berada di area permainan sampai dia hancur.

Kartu Incantation (sihir) dapat dimainkan pada fase Summoning atau fase Serangan dari pemain tersebut. Incantation dapat mentarget unit manapun, dan efeknya langsung aktif ketika kartu tersebut di-Summon. Setelah di-Summon, letakkan kartu incantation di posisi paling kanan di tangan pemain yang men-summon-nya.

Daftar Kemampuan Khusus

Simbol dibawah ini mewakili kemampuan khusus yang dimiliki beberapa unit. Kemampuan khusus ini hanya aktif jika unit yang memilikinya berada di area permainan

Splash : Serangan mengenai unit yang di target dan juga unit di baris lain yang berada di posisi yang sama.

Perforation : Serangan mengenai unit yang di target dan juga satu unit (bukan Bastion/Fort) dibelakangnya.

Rage : Dapat menyerang unit (bukan Bastion/Fort) lain walaupun baru di summon.

Protection : Serangan pertama yang mengenai unit ini menjadi 0 setiap rondenya.

Indestructible : Kebal terhadap efek ataupun serangan dari kartu Incantation.

Berserk : Tiap kali unit ini menyerang dan menghancurkan unit lawan, dia bisa menyerang lagi.

Sprint : Ketika unit ini akan menyerang, pindahkan ke posisi paling dekat dengan jembatan. Tambah serangan unit ini dengan X, dimana X adalah banyaknya unit lain yang ia lewati.

Aura : Unit lain yang berada tepat di depan atau di belakang unit ini memiliki kemampuan khusus ini (lihat FAQ – Special abilities).

Mode Solo – Mode Cepat

Dengan menggunakan aturan mode solo, Anda bisa bermain Clash of Decks seorang diri. Ada dua mode solo yaitu Permainan Cepat dan Permainan Kustom. Ikuti semua aturan dari mode kompetitif untuk memulai mode solo. Jika ada peraturan dari mode kompetitif yang berlawanan dengan aturan mode solo, ikuti aturan dari mode solo. AI mengacu pada kecerdasan buatan yang harus anda kalahkan di mode ini.

Persiapan

Ambil kartu “Bastion/Fort” dan letakkan 2 jembatan di area permainan.

Kocok semua kartu yang ada (32 kartu) dan ambil 4 kartu teratas.

Pilih salah satu kartu dan berikan 3 sisanya kepada AI. Lakukan ini sampai Anda mendapatkan 8 kartu dan AI mendapatkan 24 kartu.

Kocok ke delapan kartu yang Anda miliki dan ambil satu persatu seperti pada mode kompetitif. Letakkan kartu “Bastion” Anda di posisi paling kiri seperti biasanya.

Kocok ke 24 kartu dari AI dan letakkan di area permainan menghadap ke bawah, letakkan kartu bastion di bawah tumpukan kartu ini. Anda adalah pemain pertama, seperti biasa, pemain pertama hanya mendapat 6 Mana untuk giliran pertama.

Cara Bermain

Anda bermain dengan semua aturan normal dari mode kompetitif. AI melakukan langkah-langkah berikut setelah Anda menyelesaikan giliran.

Fase I: Regenerasi Mana

AI selalu mendapat 6 Mana ditambah dengan 1 Mana untuk tiap unit yang anda miliki di permainan.

Fase 2: Summoning

AI mensummon kartu teratas dari deck miliknya. Jika yang di-summon adalah kartu unit, taruh kartu ini di baris atas di posisi terdekat dari jembatan.

Setelah mensummon kartu, lihat total mana yang dibutuhkan untuk mensummon semua kartu dari AI (termasuk kartu incantation), jika total Mananya lebih kecil dari Total Mana yang dimiliki AI maka summon kembali kartu teratas dari deck AI. Tapi kali ini unit yang di summon harus diletakkan di baris bawah. Jika sudah ada unit lain, taruh unit ini di belakang dari unit yang berada di posisi terjauh dari jembatan.

Aturan peletakan tetap sama dengan baris atas. Terus summon kartu satu persatu di baris atas dan bawah secara bergiliran sampai total Mana dari kartu yang disummon sama atau melebihi total Mana dari AI. Jika total Mana dari kartu yang di summon sudah sama atau melebihi jumlah Mana dari AI, AI mengakhiri fase 2 dan memulai fase 3.

Jika kartu yang di-summon adalah Incantation, maka kartu tersebut akan menarget unit lawan yang berada di baris yang sama dan terdekat dengan jembatan. Jika tidak ada unit yang bisa di target maka incantation itu dibuang ke tumpukan kartu buangan. Kartu yang berada di tumpukan kartu buangan ini tidak diperhitungkan ketika Anda harus mengkalkulasi jumlah Mana yang sudah digunakan AI.

Fase 3: Serangan

AI menyerang dengan aturan standard dari mode kompetitif.
Ketika unit AI hancur atau ketika ia men-summon incantation, singkirkan kartu tersebut dari permainan dan taruh di tumpukan tersendiri (discard pile).

Jika Anda berhasil menyerang Bastion/Fort dari AI, buang kartu dari tumpukan kartu AI sebanyak serangan yang ia terima. Jika tumpukan kartu AI habis dan Anda bisa melihat kartu Bastion, balik kartu ini ke sisi “Fort”, kocok semua kartu AI yang dibuang dan taruh menghadap ke bawah diatas kartu “Fort”.

Akhir dari Permainan

Permainan berakhir jika salah satu dari kedua kondisi ini terpenuhi. Jika kartu “Fort” Anda mencapai posisi paling kanan di tangan Anda, maka AI menang.

Jika tumpukan kartu AI habis dan Anda bisa melihat kartu Fort dari AI, maka AI mendapat satu gliran terakhir. Setelah itu, jika AI tidak memenangkan permainan maka Anda berhasil mengalahkan AI.

Mode Solo – Mode Kustom

Anda bisa mengatur tingkat kesulitan AI di mode ini, ada 5 tingkat kesulitan yang bisa Anda coba. Sebelum mencoba mode kustom, di sarankan untuk mencoba mode cepat agar anda lebih terbiasa dengan permainan solo terlebih dahulu.

1 / Setelah menyusun deck, pilih tingkat kesulitan

Mudah: tingkat kesulitan 1

Sedang: tingkat kesulitan 2

Susah: tingkat kesulitan 3

Pemberani: tingkat kesulitan 4

Sultan: tingkat kesulitan 5

2 / Atur tingkat kesulitan AI dengan memilih beberapa variable di bawah

Atur Jumlah Mana yang dapat diperoleh AI pada fase Regenerasi Mana

Mana +1 untuk tiap unit yang Anda miliki di area permainan (tingkat kesulitan +0)

Mana +2 untuk tiap unit yang Anda miliki di area permainann (tingkat kesulitan +1)

Atur jumlah Mana yang pasti diperoleh AI pada fase Regenerasi Mana

6 (tingkat kesulitan +0)

7 (tingkat kesulitan +1)

8 (tingkat kesulitan +2)

9 (tingkat kesulitan +3)

10 (tingkat kesulitan +4)

Tentukan pemain pertama

Anda (tingkat kesulitan +0)

AI (tingkat kesulitan +1)

Atur jumlah pertahanan AI

AI tidak memiliki Bastion, dia memulai permainan dengan “Fort” (tingkat kesulitan -1)

AI memiliki “Bastion” (tingkat kesulitan +0)

Atur tingkat pertahanan AI

Serangan ke tumpukan kartu AI dikalkulasikan secara normal (tingkat kesulitan +0)

Semua seranga ke tumpukan kartu (bukan unit) AI dikurangi 1 (tingkat kesulitan +2)

Atur kemampuan khusus yang dimiliki semua unit AI

Tidak ada (tingkat kesulitan +0)

Splash (tingkat kesulitan +1)

Perforation (tingkat kesulitan +1)

Rage (tingkat kesulitan +1)

Protection (tingkat kesulitan +1)

Berserk (tingkat kesulitan +1)

3 / Anda bisa mulai bermain

Ingat tingkat kesulitan maksimal dari AI adalah 5. Jangan mengaktifkan variabel dengan total tingkat kesulitan lebih dari 5. Untuk saran dan pertanyaan hubungi info@grammesedition.fr

FAQ – General

Apakah saya bisa bermain Clash of Decks menggunakan satu dek kartu saja? Mode solo dan mode duel (format draft) bisa dimainkan dengan satu dek kartu saja. Untuk mode duel (format contructed), tiap pemain harus memiliki dek mereka sendiri.

Ketika ada unit musuh yang hancur apakah unit yang berada dibelakangnya harus langsung mengisi tempat yang kosong ataukah ini terjadi pada akhir giliran? Unit lain harus langsung mengisi tempat yang kosong.

Apakah diberbolehkan untuk tidak men-summon unit pada fase 2? Ya ini diperbolehkan.

Apakah diperbolehkan untuk men-summon semua kartu di tangan kecuali “Bastion/Fort”? Tidak, Anda harus menyisakan minimal satu kartu. Karena jika hanya “Bastion/Fort” yang tersisa Anda otomatis kalah.

Apakah 4 kartu paling kiri (tiddak termasuk “Bastion/Fort”) yang bisa di summon di fase 2 selalu sama sepanjang fase tersebut? Tidak, ketika Anda mensummon salah satu dari 4 kartu terkiri, maka kartu terkiri kelima menjadi kartu terkiri keempat dan dapat di summon pada fase ini.

Apakah unit yang disummon bisa diposisikan diantara dua unit lain yang sudah ada di area permainan? Tidak, unit yang disummon harus diposisikan di posisi paling belakang (terjauh dari jembatan).

Jika unit menerima serangan yang lebih besar dari durabilitasnya, apakah sisa serangan mengenai unit/Bastion/Fort yang berada dibelakangnya? Tidak, sisa serangan akan dihiraukan.

Ketika saya mensummon kartu-kartu di sebelah kiri dari “Bastion/Fort” dan kemudian ada unit saya yang hancur maka unit tersebut akan kembali ke tangan di posisi paling kanan. Apakah ini berarti saya bisa meningkatkan durabilitas “Bastion/Fort” dengan cara ini? Ya, bisa.

Semakin banyak unit yang saya mainkan semakin sedikit durabilitas dari “Bastion/Fort” dan juga Mana yang bisa digunakan? Tepat sekali, menyeimbangkan antara unit di area permainan dan di tangan adalah inti dari permainan ini.

Jika “Bastion” menerima serangan yang lebih besar dari durabilitasnya, apakah sisa serangan mengenai “Fort”? Tidak, sisa serangan akan dihiraukan.

Kapan kartu Incantation bisa di-summon? Kapanpun pada fase 2 dan 3. Kartu Incantation harus mentarget unit tertentu, dan setelah di-summon, kartu ini langsung kembali ke posisi paling kanan dari pemain yang men-summon-nya.

Apakah kartu Incantation yang sama dapat dimainkan lebih dari satu kali? Ya bisa, selama kartu tersebut memenuhi syarat summon (4 kartu terkiri di tangan) dan Anda memiliki mana untuk men-summon-nya.

Apakah serangan dari kartu Incantation langsung aktif saat itu juga? Ya, serangan kartu Incantation langsung aktif saat itu juga.

Apakah kemampuan khusus harus digunakan? Ya, jika Anda bisa menggunakannya maka Anda harus menggunakannya.

Jika lebih dari satu unit hancur karena kemampuan khusus seperti Splash atau Perforation, unit mana yang harus dikembalikan ke tangan terlebih dahulu? Pemilik unit yang hancur bisa menentukan unit mana yang ingin ia kembalikan terlebih dahulu.

FAQ – Special abilities

Jika unit dengan Perforation atau Splash menyerang unit lain dengan Protection, apakah Perforation dan Splash akan aktif? Ya, tapi unit dengan Protection tetap hanya menerima serangan sebesar 0.

Jika tidak ada unit lain di belakang unit yang terkena serangan Perforation, apakah serangan tersebut mengenai “Bastion/Fort” ? Tidak, Perforation tidak bisa melukai “Bastion/Fort”.

Jika ada unit yang memiliki Splash dan Perforation apakah Perforation juga mengenai unit dibelakang unit yang terkena Splash? Tidak, kedua kemampuan khusus ini tidak bisa digabungkan.

Apakah unit dengan kemampuan Rage dapat langsung menyerang “Bastion/Fort” pada giliran yang sama ketika ia di summon? Tidak, unit ini hanya bisa menyerang unit lain pada saat ia di summon.

Apakah Splash dan Perforation bisa diaktifkan ketika saya menyerang Bastion/Fort? Tidak, Splash dan Perforation hanya aktif ketika Anda menyerang unit lain.

Apakah unit dengan kemampuan Indestructible bisa di target oleh Kartu Incantation? Ya bisa, walau tidak bisa dihancurkan, tapi ia bisa ditarget.

Jika unit yang memiliki Sprint bukan unit terdekat dari jembatan, apakah ini berarti unit tersebut bisa menyerang 2 kali? Tidak, unit ini hanya bisa menyerang 1 kali tiap giliran.

Kapan bonus serangan dari Sprint berakhir? Ketika fase serangan berakhir.

Jika unit dengan kemampuan Berserk menghancurkan unit lain, apakah ia kemudian bisa menyerang “Bastion/Fort”? Ya bisa, asalkan unit tersebut tidak di-summon pada giliran ini

Apakah unit dengan Berserk bisa menyerang lagi jika ia berhasil menghancurkan “Bastion”? Tidak, Berserk hanya aktif jika unit ini menghancurkan unit lain.

Sampai kapan Aura bisa mempengaruhi unit lain? Selama unit dengan Aura masih di area permainan. Begitu unit dengan Aura tidak lagi di area permainan maka Aura otomatis tidak memiliki efek lagi.

Apakah unit dengan Aura memiliki efek dari kemampuan yang berstatus Aura tersebut? Tidak, efek dari kemampuan ini hanya aktif di unit yang berada di belakang atau di depan unit yang memiliki Aura.

Translation : Leonardo Santoso

Categories: Non classé

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *